Laman

Minggu, 20 November 2011

Apakah hypnosis bisa meningkatkan belajar anak?

Banyak orang tua yang mengeluhkan bahwa anaknya sulit untuk disuruh belajar, bahkan ada yag secara extrim memaksa anak untuk belajar. Jika anak belajar dalam kondisi dibawah tekanan (under presure) maka saya berani menjamin anak anda tidak akan enjoy dalam belajar sehingga sulit menerima materi yang sedang dipelajari.
Apakah hypnosis (trance) bisa meningkatkan intensitas belajar dan anak merasa belajar adalah pekerjaan yang menyenangkan bahkan membahagiakan bagi anak?
Saya katakan bisa...!!! ada metode yang diberi nama "hypnosleep" dan anda bisa melakukannya. Berikut ini bisa anda lakukan pada anak anda saat ditertidur pulas.


 Nah, langkah – langkah dalam memberikan hypnosleep adalah:

1. Langkah awal adalah membuat sugesti yang akan anda sampaikan secara tertulis, agar kita tidak berpikir menyusun kalimat saat melakukan hypnosleep. Hendaknya pendek, singkat dan jelas. Perhatikan juga pemakaian kata yang tepat. Intinya adalah mengatakan apa yang kita inginkan dengan kalimat positif, hindari kalimat negatif (tidak, jangan, dll)

2. Dekati anak dengan lembut untuk melakukan by pass terhadap pikiran kritisnya. Goyang tubuh subyek dengan memegang dagunya. Goyangkan sedikit ke kiri dan kanan sambil mengucapkan kalimat berikut dengan mantap disertai nada suara rendah dan datar “Ini ….. (nama anda atau mama atau papa) yang bicara. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

3. Jika anak tertidur sangat lelap kalimat di atas mungkin perlu diulangi beberapa kali  sehingga bisa menembus level pikiran bawah sadarnya. Lanjutkan “Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk atau ibu jari yang saya sentuh. Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk yang saya sentuh. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

4. Setelah itu bacakan sugesti yang telah anda susun tadi 3 atau 4 kali untuk memastikan sampai ke bawah sadarnya.

5. Lalu tutup dengan kalimat berikut “Kalau saya berhenti bicara maka kamu akan kembali tidur nyenyak seperti tadi. Kamu tidak akan mengingat apa yang baru saya sampaikan tapi kamu merasakan suatu perubahan dalam dirimu ketika bangun esok pagi dengan sangat segar. Sekarang tidurlah kembali dengan sangat nyenyak!”

6. Saat mengucapkan sugesti, hendaknya dengan suatu keyakinan bahwa apa yang kita ucapkan diterima dan dimengerti oleh anak. 

7. Keesokan hari dan seterusnya berlakulah seperti telah terjadi perubahan (kelanjutan dari point no 6). Jika belum melihat perubahan nyata secara janganlah gusar dan berpikiran negatif. Biarkan proses perubahan terjadi di dalam lebih dahulu. Bila perlu anda ulangi hypnosleep lagi pada malam harinya dengan kata-kata yang sama.

8. Disamping sugesti yang diberikan lingkungan juga perlu dirubah untuk membantu perubahan anak serta memfasilitasi perubahan anak, lingkungan disini termasuk sikap ayah, ibu, pengasuh, serta. Misal anak suka berkata kasar, maka ciptakan lingkungan yang tidak ada lagi kata-kata kasar tersebut terucap.

9. Ketika ia mulai menunjukkan perubahan hindari penggunaan kata-kata “Kok tumben ya sekarang rajin belajar?” atau kata-kata semacam itu. Sebaliknya dukung dengan kalimat “Bagus.... makin hari belajar itu makin menyenangkan?”

10. Untuk setiap kasus yang anda sugestikan beri waktu sampai terjadi perubahan baru beralih ke kasus yang lain.

Contoh sugesti untuk hypnosleep:

    * Semakin hari belajar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan
    * Mulai besok dan seterusnya mudah bagi kamu untuk belajar berhitung
    * Semakin hari membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar