Laman

Rabu, 28 Desember 2011

Tips Agar Anak Rajin Belajar dan Sekolah



Berikut ini adalah tips agar anak rajin belajar dan sekolah:
1.      Saat pulang sekolah, tanyakan pada sang anak : “hai sayang....apa yang menyenangkan hari ini disekolah?” . hal ini akan membuat otak anak otomatis memikirkan hal-hal yang menyenangkan dan secara otomatis akan mengesankan bagi sang anak bahwa belajar dan sekolah adalah hal yang menyenangkan.
2.      Lakukan hypnosleep seperti yang ada pada postingan sebelumnya. “belajar semakin hari merupakan kegiatan yang menyenangkan buat kamu” dll
3.      Jelaskan manfaat belajar pada anak baik itu menghitung, IPA, bahasa Inggris dimana penjelasannya disesuaikan dengan minat anak. Misalnya dia berminat dengan sepak bola, jelaskan bahwa dengan menguasai bahasa Inggris maka anak akan dengan mudah berkomunikasi  dengan pemain bola luar negeri saat anak kelak bertanding mewakili Indonesia dinegara luar, dll.
4.      Mintalah pada guru maupun guru les anak (jika ada) untuk sering-sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak yang pintar dan anak yang luar biasa. Pujian yang tulus dari orang tua, guru sekolah, guru les maupun lingkungan lainnya akan meningkat rasa percaya diri anak dan meningkatkan harga diri anak bahkan pujian yang tulus jauh lebih bermanfaat dibanding mengajarkan cara-cara cepat menghitung cepat maupun menghafal cepat.
5.      Jika anak-anak kita masih kecil, usahakan membaca dongeng yang bisa menumbuhkan motivasi anak dan mempertebal rasa cinta kasih anak pada orang tua maupun lingkungan, saat membaca dongeng sebelum tidur usahakan posisi anda sangat dekat dengan anak agar anda bisa dengan mudah memberinya ciuman maupun pelukan.
6.      Buatlah surat rahasia untuk anak dengan mengucapkan pada anak: “sayang..... bunda punya surat rahasia buat kamu, cuma bunda dan kamu yang tahu dan bunda meletakan surat tersebut dibawah bantalmu / dilemari bajumu / didalam tasmu”. Isi dari surat tersebut berisikan kata-kata yang menyemangati anak dalam kegiatan belajar, sekolah maupun kegiatan minat anak.

Seperti dituliskan diatas, betapa besarnya peran orang tua maupun guru dalam membentuk karakter anak, memotivasi anak karena sejatinya anak adalah lembar kertas putih yang diwarnai oleh lingkungannya. Dan apapun motivasi yang anda berikan pada anak yakin pada diri anda bahwa anak anak memang anak yang hebat, pintar dan luar biasa.
Hindari kata-kata: “kamu ini cerewet ya.... dari tadi nanya terus!!!”, “kok tumben kamu mau belajar....?” dan kata-kata lainnya yang bisa mengendurkan semangat belajar maupun rasa ingin tahu anak yang tinggi
Selamat mencoba, bersama kita bentuk generasi Indonesia setangguh dan pintar GARUDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar