Laman

Jumat, 09 Desember 2011

6 Sikap, Mental, dan Perilaku Pengusaha Sukses

Kali ini kita akan mengupas rahasia sukses seorang pengusaha sukses, Adapun rahasia tersebut adalah :

1. Memiliki Mimpi Besar

Seseorang yang akan menjadi pengusaha harus mengawalinya dengan mimpi besar yang akan diraihnya. Sebab jika hal itu tidak dimiliki, seseorang akan berbisnis dengan ‘apa-adanya’ tanpa target yang jelas dan hasilnya pun ‘apa-adanya’

2. Pandai Mengelola Risiko

Risiko tidak bisa dihindari. Tidak hanya didalam bisnis, ketika tidur saja kita selalu menghadapi risiko seperti kematian. Di jalan raya, kita menghadapi kemungkinan di tabrak kendaraan lain, di kantor menghadapi risiko di PHK dan seterusnya.

Seorang pengusaha tidak akan menghindari risiko, tetapi dia mampu mengelola risiko yang ada menjadi minimal dan memberikan peluang bisnis menguntungkan. Jadi risiko yang dapat dikelola atau dikontrol akan menghasilkan keuntungan.

Untuk bisa mengelola risiko, kuncinya hanya menguasai bisnis yang dijalankan. Seorang yang ahli bermain saham di bursa lebih banyak untung dibandingkan dengan orang yang tidak mengetahui ilmunya, tetapi dia belum tentu bisa mengelola usaha bengkel mobil karena dia tidak ahli dibidang itu. Sekali lagi, kunci mengendalikan risiko adalah menguasai bisnis yang dijalankan.

3. Suka Tantangan

Seorang pengusaha harus suka dengan tantangan karena tantangan akan membesarkan bisnisnya. Menghindari tantangan berarti menghindari kemajuan bisnis.

4. Daya Tahan Tinggi

Memiliki daya tahan tinggi berarti tidak cengeng. Pengusaha sukses biasanya mempu bertahan dalam menghadapi pahit getirnya berbagai kendala usaha dan tingkat persaingan atau hambatan lainnya. Berbagai macam kendala bisa membuat putus asa, namun pengusaha sukses menghadapi dengan lapang dada dan tidak cengeng. Sekeras apapun terpaan terhadap usahanya, pengusaha sukses berusaha bangkit dan terus belajar sambil menemukan betapa manisnya menjadi pengusaha.

5. Berusaha Memberikan yang terbaik

Pengusaha sukses selalu memulai bisnisnya dengan niat untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen, karena dengan itulah mereka berkeyakinan akan sukses dan bisnisnya akan berkembang menjadi besar. Itulah sebabnya dalam sebuah perusahaan – perusahaan besar biasanya memiliki tim riset tangguh untuk membuat produk dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Nokia, perusahaan handphone misalnya selalu berusaha membuat HP dengan fitur-fitur yang selalu di up date untuk memberikan kemudahan konsumen.

6. Tidak banyak berteori, lebih mengandalkan intuisi

Teori memang penting untuk pertimbangan pengambilan keputusan bisnis, tetapi mengandalkan teori saja akan membuat orang menjadi ‘terbebani’ dan lambat mengambil keputusan bisnis. Dalam dunia bisnis, seringkali intuisi lebih dominan dalam pengambilan keputusan. Banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya atau mengembangkan bisnisnya dengan mengandalkan intuisi dan visi yang lebih maju.

Ketika AQUA pertama kali di pasarkan puluhan tahun silam, masyarakat banyak yang menganggap bahwa produk itu adalah ide gila, karena masyarakat waktu itu berpikir tidak masuk akal menjual air putih dalam kemasan yang saat itu air jumlahnya melimpah ruah. Tetapi sekarang Anda bisa menyaksikan bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) justru banyak diminati orang. AQUA sendiri saat ini sudah menjadi perusahaan raksasa.
Jika orang lain bisa meraih sukses, andapun bisa jauh lebih sukses lagi.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar